Cara Mengatasi Hipertensi

Diposting oleh Tom Serizawa on Kamis, 15 November 2012

Cara mengatasi hipertensi, hipertensi termasuk silent killer, penyakit yang diam-diam membunuh. Tanpa gejala dan keluhan serius, gangguan tekanan darah tinggi ini rentan berkembang memicu penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke..

gambaran buah kiwi

Tekanan darah tinggi memang sangat minim gejala, karenanya perlu kepedulian diagnosis dini untuk membuatnya selalu terkontrol.
Di tengah ancaman serangan fatal, lakukan kebiasaan hidup sehat dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan alami yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Kiwi 
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tiga buah kiwi setiap hari efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian melibatkan 188 pria dan wanita usia 55 tahun ke atas dengan tekanan darah tinggi. Mereka terbagi dua: kelompok penyantap kiwi dan kelompok penyantap apel. Setelah delapan pekan, mereka yang menyantap kiwi cenderung mengalami penurunan tekanan darah sistolik dibandingkan mereka yang menyantap apel.

Pisang
Efek penurunan tekanan darah dari makanan yang kaya kandungan potasium, seperti pisang. Hasil penelitian ini telah diperkuat dengan sejumlah studi lanjutan yang menunjukkan manfaat pisang dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Semangka
Kandungan asam amino L-citrulline/L-arginine yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di balik kesegaran rasanya, semangka juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, likopen, vitamin D, dan potasium.

Kentang ungu
Bahwa kentang ungu memiliki efek sama seperti oatmeal. Efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi tanpa menambah timbunan lemak di tubuh. Studi melibatkan sejumlah partisipan yang mengonsumsi 6-8 kentang ungu dua kali sehari selama beberapa bulan.

Tofu
Konsumsi tofu efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Ini berkaitan dengan kandungan tinggi isoflavon di dalamnya. Studi juga memperlihatkan efektivitas serupa dalam sejumlah makanan berbahan baku kedelai lainnya seperti kacang kedelai, miso, edamame, tempe, dan susu kedelai.

Cokelat
Kandungan flavanol dalam santapan nikmat ini bekerja melancarkan aliran darah. Yang secara tak langsung akan menurunkan tekanan darah tinggi. Ini berlaku untuk mereka yang menderita hipertensi, tidak untuk mereka yang sudah memiliki tekanan darah normal.

Cabai 
Kandungan capcaisin dalam santapan pedas inilah yang efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, studi yang dilakukan terhadap hewan percobaan ini masih memunculkan perdebatan terkait efektivitasnya terhadap manusia.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar