Nutrisi Kacang Berkhasiat Atasi Diabetes

Diposting oleh Tom Serizawa on Selasa, 23 Oktober 2012

Nutrisi kacang berkhasiat atasi diabetes, berbagai jenis kacang-kacangan ternyata dapat menjadi pengendali kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Para peneliti sangat menganjurkan penderita diabetes tipe 2 untuk menambahkan kacang-kacangan ini sebagai menu diet mereka. Seperti artikel ini.


gambar kacang
Selain mengendalikan diabetes, makanan kaya serat dan protein ini juga akan menyehatkan jantung, karena indeks glisemik-nya yang rendah. Kacang-kacangan, yang selalu kita pikir baik untuk jantung ternyata juga bekerja untuk kadar gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya kontrol glukosa mereka yang menjadi lebih baik, tapi konsumsi kacang ini juga memberikan kejutan, karena juga memberikan efek signifikan pada tekanan darah.
Para peneliti masih mempelajari hubungan langsung, mengapa kacang-kacangan ini memiliki efek pada gula darah dan tekanan darah. Mereka menduga efek ini diberikan oleh serat, protein, dan mineral yang terkandung pada kacang. 
"Nutrisi tadi akan bekerja dengan baik untuk membantu Anda menjaga tekanan darah dan mengendalikan glukosa. Ini juga dapat menurunkan kolesterol."
Pada studi ini, peneliti melakukan pengamatan secara acak pada 121 pasien diabetes tipe 2. Mereka diberikan satu cangkir kacang-kacangan setiap hari, begitu juga dengan produk-produk berbahan gandum. Selama tiga bulan, para peneliti menemukan jika mereka yang mengkonsumsi kacang, mengalami penurunan tekanan darah hingga 4,5 mm Hg, sedangkan mereka yang mengkonsumsi gandum hanya menurun ke angka 2,1 mm Hg. 
Jenis kacang-kacangan yang dimaksud adalah buncis, kedelai, mete, almond, walnut, dan yang lainnya. 
Bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2, kacang sebagai menu diet adalah tambahan yang bagus. Tidak hanya kacang-kacangan yang memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, tapi juga kacang yang banyak mengandung antioksidan dan mineral. 
Semoga bermanfaat yaa ^_^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar