Kecerdasan Otak Bisa Ditingkatkan Dengan Olahraga Ringan

Diposting oleh Tom Serizawa on Selasa, 23 Oktober 2012

Kecerdasan otak bisa ditingkatkan dengan olahraga ringan, manfaat olahraga teratur ternyata tidak hanya memberikan kesegaran pada tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh saja. Olahraga juga memberikan dampak ajaib bagi kesehatan otak. Memberikan perlindungan terhadap penyusutan otak yang berkaitan dengan ketajaman memori dan kemampuan berpikir. Sama halnya dengan artikel ini.

gambar olahraga ringan
Sebuah riset dilakukan oleh tim peneliti. Mereka mempelajari produktifitas otak pada 638 orang yang lahir pada tahun 1936. Praktis usia mereka saat ini adalah 76 tahun. Saat berusia 73 tahun, para peserta penelitian menjalani scan otak MRI, mereka juga diminta memberikan rincian aktivitas fisik yang biasa dilakukan, termasuk olahraga. 
Selama tiga tahun pengamatan, mereka yang melakukan olahraga rutin terbukti mengalami penyusutan otak yang lebih kecil, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan olahraga sama sekali. 
Orang-orang yang berusia 70-an ini melakukan olahraga ringan secara rutin. Berjalan kaki beberapa kali seminggu. Hasil penelitian pada mereka menunjukkan penyusutan yang sangat kecil, dan tanda-tanda penuaan otak yang juga kecil.
Tim peneliti juga menyatakan bahwa temuan ini juga merupakan anjuran. "Studi ini menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin di usia tua adalah sangat penting untuk melindungi otak, seiring dengan bertambahnya usia".
Tidak hanya berjalan kaki saja, Anda juga bisa menggabungkan latihan fisik yang lain seperti latihan peregangan dan bersepeda, untuk memberikan keuntungan bagi fungsi otak. 
Penelitian sebelumnya juga mengatakan, jika pada orang berusia lanjut, daerah otak yang terhubung dengan memori memang cenderung mengalami penyusutan. Bagian otak ini, hippocampus, akan berkembang kembali setelah mereka melakukan aktivitas fisik. Perkembangan ini juga akan meningkatkan fungsi memori. 
Semoga bermanfaat ^^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar