Sepertiga Dari Sumber Sinar Gamma adalah Misteri Lengkap

Diposting oleh Tom Serizawa on Rabu, 19 Oktober 2011

gambaran sinar gamma
Misteri sinar gamma, telescope Space Fermi telah mendeteksi sumber sinar gamma 1.873 dalam ruang angkasa, dan hampir 600 adalah misteri lengkap.
NASA baru-baru ini dengan tim Fermi merilis katalog kedua dari sumber sinar gamma dari Large Area Telescope satelit dan tidak tahu di mana sinar gamma hampir sepertiga berasal..

"Fermi melihat sinar gamma datang dari arah di langit di mana tidak ada objek yang jelas mungkin untuk menghasilkan sinar gamma," kata David Thompson, wakil Fermi ilmuwan proyek, dari Goddard Space Flight Center di Maryland.

Sinar gamma adalah "super energik bentuk cahaya yang dihasilkan oleh sumber seperti lubang hitam dan bintang-bintang masif meledak," menurut NASA.
Para peneliti mengatakan dua-pertiga dari sinar gamma datang dari objek seperti pulsar atau blazars. Yang ketiga tersisa adalah misteri sekarang.

Para peneliti berspekulasi pada sifat dari sumber misteri, termasuk kemungkinan bahwa mereka terbuat dari materi gelap.
"Beberapa sumber misteri bisa saja awan materi gelap, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya," kata Thompson.
NASA menjelaskan bahwa sekitar "85% dari massa gravitasi dari alam semesta adalah materi gelap," dan "hal-hal yang kita lihat membuat sisanya."
"Materi gelap adalah sesuatu yang menarik pada hal-hal dengan gaya gravitasi namun tidak dapat dideteksi dengan cara lain. Ini tidak bersinar - tidak memancarkan atau menyebarkan cahaya - maka kata sifat 'gelap', "tulis NASA.
Para astronom tidak dapat mendeteksi materi gelap langsung menggunakan teleskop optik atau radio, namun para peneliti berpikir bahwa materi gelap mungkin hanya bersinar dalam sinar gamma.
"Kami telah menggunakan Fermi untuk mencari materi gelap untuk waktu yang lama," kata Peter Michelson dari Stanford University, peneliti utama untuk Large Area Telescope.
Jadi, mengapa peneliti berpikir sumbernya bisa materi gelap?
"Beberapa peneliti percaya bahwa ketika dua antipartikel materi gelap berbenturan satu sama lain, mereka akan musnah, menghasilkan sinar gamma. Konsentrat awan materi gelap dapat membentuk sumber sinar gamma pada panjang gelombang tertentu terdeteksi oleh Fermi," jelas NASA.

"Jika kita melihat sebuah benjolan dalam spektrum sinar gamma - garis spektrum sempit di energi tinggi yang sesuai dengan energi dari partikel menghancurkan - kita bisa menjadi yang pertama untuk 'menangkap' materi gelap," kata Michelson.
Peneliti menunjukkan bahwa ada kemungkinan lain untuk sumber misteri, termasuk cluster galaksi bertabrakan atau beberapa jenis fenomena baru, seperti sesuatu yang melibatkan lubang hitam galaksi.
Tim Fermi berencana untuk terus mengamati sumber misteri.
"Tentu saja kita berharap untuk sesuatu yang sangat eksotis seperti materi gelap, tetapi kita harus melihat pertama di semua pilihan lain," kata Thompson. "Fermi adalah misi berkelanjutan, Kami akan terus mencari jawaban atas teka-teki ini dan mungkin muncul sebagai kejutan bahkan lebih.." ^_^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar