Manfaat Ubi Jalar

Diposting oleh Tom Serizawa on Jumat, 23 November 2012

Manfaat ubi jalar, mendengar kata kentang membuat sebagian orang bergidik, karena memikirkan berat badan dan lemak. Tapi tidak dengan ubi jalar. Tanaman akar sederhana ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan bermanfaat bagi yang ingin menurunkan berat badan..

gambar ubi jalar enak

Karbohidrat
Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat sedikit lebih rendah dari kentang biasa. Satu kentang ukuran sedang mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan satu ubi jalar berukuran sama mengandung 23 gram karbohidrat.

Serat
Ubi jalar mengandung serat hampir dua kali lipat daripada kentang jenis lain dan memiliki 7 gram serat per porsi. Kandungan serat tinggi membuat proses pembakaran lebih lambat. Artinya, energi dari kalori digunakan lebih lambat dan efisien daripada karbohidrat rendah serat lainnya.

Vitamin dan kalium
Ubi jalar merupakan sumber vitamin A dan merupakan sumber kalium dan vitamin C, B6, riboflavin, tembaga, asam pantothetic dan asam folat. Satu buah ubi jalar ukuran sedang memiliki kalium 28 persen lebih banyak daripada pisang.

Kadar air
Jumlah air yang tinggi yang ditemukan dalam ubi jalar membantu menurunkan berat badan. Sama seperti serat, air mengambil banyak ruang di perut Anda. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung air tinggi membuat Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan atau ngemil di antara waktu makan.

Memilih ubi jalar 
Ubi jalar berkualitas baik adalah yang tidak retak atau memar. Ubi  yang disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, berventilasi bisa bertahan hingga dua minggu. Ubi jalar yang telah matang bisa disimpan di kulkas selama seminggu.
Ubi jalar bisa dimasukkan dalam berbagai olahan makanan atau sebagai sebagai kue.

Resep ubi jalar panggang
Ingin mencoba makanan sehat dan praktis? Olahan ubi jalar ini bisa Anda coba!

Panaskan oven, dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak lainnya dengan api sedang dalam panci kecil. Potong ubi jalar memanjang dengan tebal 2-3 cm dan tempatkan dalam mangkuk besar. Bumbui dengan garam, merica dan oregano. Aduk perlahan. Masak sampai matang.

Pilihan kedua adalah menyimpan potongan ubi jalar dalam loyang besar. Panggang dalam suhu tinggi selama 20-40 menit atau sampai lunak dan berwarna kecokelatan. Bumbui dengan garam dan merica. Sajikan hangat-hangat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar