Unblur, Fitur Terbaru Adobe Photoshop

Diposting oleh Tom Serizawa on Selasa, 18 Oktober 2011

Untuk kesekian kalinya, Adobe berusaha mengubah dunia fotografi. Dalam konferensi tahunan MAX 2011 yang mereka gelar di Los Angeles California, mereka memperlihatkan filter Photoshop terbaru yang memungkinkan pengguna melakukan unblur terhadap hasil foto mereka.

Fitur baru yang masih dikembangkan ini pertama kali dipublikasikan lewat sebuah video YouTube yang dipasang di Reddit.com. Dalam video tersebut, seorang presenter memperlihatkan cara kerja filter unblur tersebut.

Dikutip dari Digital Trends, Selasa 18 Oktober 2011, filter tersebut akan menganalisis bentuk dari foto yang kabur tersebut untuk mengetahui ke arah mana kamera bergerak saat shutter terbuka, sehingga menghasilkan gambar yang tidak fokus.

Menggunakan sebuah algoritme, software kemudian melakukan prediksi yang terukur untuk menampilkan bagaimana foto tersebut seharusnya terlihat jika kamera tidak bergerak saat foto diambil. Setelah filter diaplikasikan, foto kabur yang tidak fokus itu langsung menjadi tajam.

Fitur unblur ini diperkirakan membuat kita masuk ke era baru di dunia fotografi, di mana sebuah guncangan kecil yang tadinya bisa membuat sebuah foto menjadi tidak tertolong, kini jadi bisa diatasi dengan menekan tombol di Photoshop.

Adobe sendiri tidak menyebutkan kapan filter unblur ini hadir dalam Photoshop, namun tampaknya fitur itu akan hadir dalam waktu dekat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar