Gletser Viedma dari Luar Angkasa

Diposting oleh Tom Serizawa on Selasa, 18 Oktober 2011

Gletser Viedma di Argentina
Pemandangan indah yang menggambarkan lanskap bumi sering kali terpotret dari luar angkasa. Begitu pula untuk melihat keindahan gletser pegunungan, salah satunya adalah gletser di Gunung Viedma, Argentina.

Seperti dikutip harian Daily Mail, foto gletser Viedma ini diambil oleh kru yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto ini diambil dari ketingguan sekitar 200 mil atau 320 km di atas permukaan bumi.

Gletser ini merupakan bagian dari lapangan es Patagonia, kumpulan es terbesar di Hemisphere bagian selatan, dan meliputi 35 ribu kilometer persegi.

Gletser ini terus bergerak sambil mengumpulkan batu dan tanah, yang menghasilkan warna abu-abu. Selama ini, gletser juga dikenal memiliki banyak celah dalam, yang menurut para ahli terbentuk karena cepatnya pergerakan es di tengah dan lebih lambat di bagian samping.

Dalam gambar, celah dalam ini berbentuk serupa garis-garis yang sejajar dengan arah gerak gletser. Ketika gletser mencapai danau, aliran es itu pun memecah, menghasilkan bongkahan es yang mengapung di permukaan air.  

Berikut gambarnya:






{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar