Perubahan Iklim Dimulai 2012

Diposting oleh Tom Serizawa on Senin, 04 April 2011

Perubahan iklim, bumi sudah sepanas ini, menjadi yang terpanas yang pernah terjadi dalam jutaan tahun. Bila dekade berikutnya berjalan dengan emisi karbon seperti sekarang, kemungkinan besar akan terlalu terlambat untuk mencegah ekosistem bagian utara sebagai pencetus perubahan iklim.. 
gambaran tanah yang kekeringan
Kekeringan
          Lingkaran umpan balik (hubungan yang menguat secara otomatis antara emisi karbondioksida, pemanasan global, dan faktor lain) mendorong dinamika perubahan iklim. Kenyataannya mereka adalah sumber laju pertumbuhan yang eksponensial dalam pemanasan permukaan bumi. Kita mungkin memasuki fase ketika pemanasan global menjadi kereta api super cepat.
            Glasier di Himalaya mencair lebih cepat daripada bagian lain didunia, dan bila laju kemunduran saat ini terus terjadi, mereka akan habis pada 2035. Lebih dari dua miliar orang--sepertiga penduduk dunia--bersandar pada Himalaya untuk kebutuhan air bersih.
gambaran gletser himalaya
Glasier di Himalaya
          Peningkatan temperatur global dapat mengganggu kerja ban berjalan lautan dan membawa zaman es berikutnya ke Eropa. Sistem kelautan bumi dicirikan oleh inersia thermal. Ini berarti bahwa ia beradaptasi secara perlahan denga pendinginan dan pemanasan global. Namun begitu, ia mulai memanas atau mendingin. Proses itu akan berlangsung dalam periode waktu yang lama. Bagi kita, hal ini berarti bahwa kendati semua emisi manusia berhenti sekarang, inersia thermal lautan dapat terus mendorong peningkatan temperatur global. Ada bukti baru dan lebih kuat bahwa sebagian besar pemanasan yang teramati lebih dari lima puluh tahun terakhir dapat distribusikan pada aktivitas manusia.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar