DoS Attack

Diposting oleh Tom Serizawa on Selasa, 09 Oktober 2012

DoS merupakan singkatan dari Denial of Service, yang berarti sebuah teknik penyerangan terhadap sebuah sistem dengan jalan menghabiskan sumber daya sistem tersebut sehingga tidak bisa diakses lagi. Sumber daya tersebut bisa berupa CPU, RAM, Swap disk space, cache, maupun bandwidth. Akibat yang timbul dari DoS Attack ini mulai dari hang-nya sebuah sistem, restart/reboot, bahkan crash.
gambar dos attack

Terdapat dua jenis DoS Attack :
1. Lokal DoS, adalah proses DoS dengan berinteraksi langsung dengan konsole sistem operasi korban. Pada Linux, konsole dikenal dengan Shell, sedangkan pada windows dikenal dengan Command Prompt.
2. Remote DoS, adalah kegiatan DoS yang dilakukan secara jarak jauh atau tanpa interaksi langsung dengan konsole sistem operasi korban. Biasanya menggunakan media jaringan komputer dan internet.

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa diempuh untuk melakukan DoS Attack, yaitu :
Ping of Death
Ini adalah salah satu metode DoS attack yang paling terkenal karena mudah dilakukan. Hanya dengan menggunakan utility ping, DoS Attack bisa dilakukan. Oleh karena itulah, hal ini dikenal dengan sebutan ping of the death. Secara umum, mengirimkan paket 65.536 byte ping adalah illegal menurut protokol jaringan, tetapi jika paket ini dikirim terpecah-pecah dan ketika komputer target menyusun paket yang sudah terpecah-pecah tersebut, sebuah buffer overflow mungkin dapat terjadi, dan ini yang sering menyebabkan sistem crash.

Teardrop
Dalam jaringan Internet seringkali data harus dipotong-potong kecil-kecil untuk menjamin reliabilitas akses jaringan. Program teardrop akan memanipulasi offset potongan data sehingga overlapping. Seringkali overlapping tersebut menimbulkan crash, hang, maupun reboot.


SYN Flood
Pada keadaan normal, aplikasi klien akan mengirimkan paket TCP SYN untuk melakukan sinkronisasi dengan aplikasi server. Pada SYN Flood klien akan membanjiri server dengan banyak paket TCP SYN.

Masih ada banyak lagi cara untuk melakukan DoS Attack ini seperti, Pentium 'FOOF' Bug, Smurf Attack, Fraggle Attack, KOD (Kiss Of Death), BONK/BOINK, Jolt, NestTea, NewTear, dan Syndrop.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar